Berita

PELAKSANAAN SERTIFIKASI INTERNASIONAL KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS TOEIC 2023 DI SMKN 50 JAKARTA

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 Di SMKN 50 Jakarta | Dukungan Direktorat SMK Untuk Meningkatan Daya Saing Lulusan

 

Era society 5.0 merupakan penyempurnaan dari berbagai macam konsep yang sudah ada sebelumnya di era 1.0 sampai dengan 4.0. Era 5.0 ditandai dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu area yang terpengaruh oleh era 5.0 yang menuntut kemampuan literasi digital dan keterampilan teknologi, dan memungkinkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring.

Secara keseluruhan, era 5.0 mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia sekitar dengan dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam era 5.0 bahasa asing terutama bahasa inggris menjadi semakin penting sebagai alat komunikasi global dalam bekerja sama secara efektif dan mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas. Oleh karena itu kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang sangat penting.

Dalam rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era ini, Direktorat SMK kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan TOEIC.

Tahun ini, SMKN 50 Jakarta telah mengikutsertakan sebanyak 242 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 36 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 20 Agustus 2023, SMKN 50 Jakarta melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Sertifikasi dilaksanakan di laboratorium komputer Akuntansi dan Pemasaran pada pukul 13.00. Semua peserta yang lolos seleksi mengikuti dengan penuh semangat. Kegiatan sertifikasi juga didukung oleh sejumlah guru yang membantu mempersiapkan perangkat dan aplikasi di setiap komputer yang digunakan. 

Pelaksanaan seleksi VIERA dan Sertifikasi TOEIC sangat bermanfaat bagi siswa SMKN 50 Jakarta, selain sebagai sarana menguji kemampuan bahasa Inggris dari lembaga yang berlisensi, program ini juga memberikan bukti sertifikat bagi peserta yang dapat dimanfaatkan untuk persyaratan melamar kerja di masa depan, selain itu program ini memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta khususnya kelas XII.

SMKN 50 Jakarta berharap dapat terus bekerja sama dengan lembaga International Test Center (ITC) dalam menyelenggarakan seleksi VIERA dan Sertifikasi TOEIC sebagai bentuk pelayanan dan dukungan terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya pada kemampuan Bahasa Inggris di SMKN 50 Jakarta

 

Pelaksanaan Sertifikasi TOEIC (Lab. Komputer Akuntansi)



Pelaksanaan Sertifikasi TOEIC (Lab. Komputer Akuntansi)



Pelaksanaan Sertifikasi TOEIC (Lab. Komputer Pemasaran)



Pelaksanaan Sertifikasi TOEIC (Lab. Komputer Pemasaran)